13 December 2008

Tips Merawat Monitor LCD

Sebenarnya merawat monitor LCD sangat mudah, namun akan lebih baik jika mengikuti petunjuk berikut:
  • Perhatikan suhu dan kelembaban udara. Menggunakan penyejuk udara sangat tepat, karena monitor yang berada di ruangan ber-AC dapat mendinginkan komponen-komponen elektronik di komputer maupun monitor. Tetapi perlu dilihat, apakah posisi monitor anda tepat berada di bawah AC? Jika ya, jangan sampai ada tetesan air AC yang menetes ke monitor. Awas bisa terjadi hubungan arus pendek karena terkena air. Yang perlu diperhatikan adalah penggunaan sebuah produk elektronik secara berlebihan tetap akan meningkatkan suhu udara. Apalagi di dalam satu ruangan terdapat banyak produk yang semuanya bekerja tanpa henti.
  • Untuk monitor yang berada di ruangan tanpa AC, pastikan bahwa ruangan tersebut mempunyai aliran udara yang cukup, seperti jendela atau lubang angin yang mencukupi untuk sirkulasi udara. Boleh juga menambahkan kipas kecil di atas monitor supaya udara panas segera keluar dari perangkat monitor kit.
  • Kebersihan ruangan tentu yang utama. Apalagi layar LCD sangat rentan terhadap debu dan cairan. Debu bisa menyebabkan perubahan pada warna. Lakukan perawatan serius pada produk ini karena kesalaha kecil bisa menyebabkan tidak hanya penurunan kualitas warna tetapi juga karatan. Kegagalan pemakaian ataupun kerusakan elektrik. Teman-teman bisa menggunakan Screen Protector untuk perlindungan ekstra.
  • Bersihkan monitor seminggu sekali cukup dengan kemoceng, apabila punya waktu luang bersihkan dengan kain dan cairan kusus pembersih monitor. Hindari cairan yang mengandung alkohol, karena disinyalir dapat merusak layar monitor. Bahkan tidak mungkin nantinya monitor akan mengubah warna menjadi buram atau terkena goresan.
  • Hati-hati saat ingin memindahkan LCD ke tempat lain, ingat LCD terbuat dari kaca. Kelalaian seperti guncangan atau guratan kecil tidak hanya akan mengurangi kualitas gambar tapi bisa mengakibatkan kerusakan menyeluruh.
  • Jangan membongkar LCD untuk alasan apapun, kecuali menyerahkan kepada ahlinya. Dan jangan lupa untuk menset monitor sesuai dengan petunjuk pemakaiaian dan jangan menyalakan monitor secara nonstop.
  • Jauhkan monitor dari benda-benda elektronik untuk menghindarkan gangguan magnetik yang bisa merusak tampilan layar. Sinar matahari langsung juga bisa mempersingkat umur monitor.
  • Mencabut kabel power supply komputer atau monitor dari stop kontak.


No comments:

Post a Comment

silahkan isi Comment Anda :