12 March 2012

10 Aplikasi Terfavorit Tablet Android

Anda sudah memiliki tablet Android? Namun masih bingung untuk mengisi aplikasi apa saja di dalamnya?

Jangan khawatir karena banyak aplikasi gratis yang tersedia bagi pengguna tablet Android, apalagi kini banyak produsen gadget yang menciptakan Apps Store sendiri untuk memberikan kepuasan lebih bagi para pecinta gadget.

Seperti yang dilakukan Samsung, Produsen elektronik asal Korea Selatan ini menghadirkan Samsung Apps, sebuah Apps Store khusus pengguna Samsung baik Smartphone maupun Tablet. Berikut rekomendasi 10 aplikasi favorit pilihan redaksi yang dapat diunduh di Android Market dan Samsung Apps:

1. Dokumen
Aplikasi berbau dokumen memang terlihat tidak begitu penting dan biasanya tidak menjadi favorit bagi pecinta Android. Tapi bayangkan jika Anda kesulitan mengerjakan pekerjaan kantor atau tugas kuliah ketika membuat dokumen baru, mengunggah maupun berbagi dokumen penting seperti Word, Excel, Power Point hingga PDF. Bisa malapetaka bukan? Nah, Polaris Office menjawab kebutuhan Anda dengan berbagai macam kemudahan seperti yang telah dijabarkan di atas.

Selain itu ada jagoannya membaca format PDF, yaitu ezPDF Reader. Membaca PDF pun semakin mudah dan sangat membantu. Ditambah kelebihan Multimedia PDF viewer yang bisa memasukkan format audio, video dan TTS (Text to Speech).

2. Geografi
Apakah Anda seorang Backpackers? Kegiatan yang satu ini memang sangat menyenangkan karena bisa menikmati jalan-jalan keliling Indonesia maupun Dunia dengan biaya murah. Tapi bagaimana jika tersesat karena tidak tahu pasti letak objek wisata yang ingin dicari?

Jelajahi bumi dengan Google Earth dan luar angkasa dengan Google Sky Map. Dengan Google Earth, Anda bisa melihat banyak tempat menarik di bumi hanya dengan memanfaatkan jari untuk memperbesar atau menjauhkan serta berpindah tempat. Banyak objek yang sudah mendukung tampilan 3D sehingga Anda bisa merasakan seolah-olah berada di sana.

Sedangkan untuk menjelajah luar angkasa, Google Sky Map merupakan aplikasi yang sangat menarik. Mencari posisi bulan, atau mengetahui keberadaan bintang terbesar sejagad yang pernah diketahui, Canis Majoris, akan semakin mudah dengan aplikasi ini. Apalagi ada opsi untuk mencari dengan memasukkan nama objek.

3. Permainan
Demam Augmented Reality (AR) kini memang sedang digandrungi oleh semua orang, termasuk aplikasi permainan terbaru yang berbasis AR dari Samsung, bernama MyDragonfly. Anda ditantang untuk menangkap capung-capung virtual yang bervariasi jenisnya. Semakin banyak Anda tangkap dan kumpulkan, semakin banyak juga poin yang didapatkan dan level pun meningkat. Point ini bisa anda tukarkan di merchant-merchant partner.

The Moron Test akan memberikan soal-soal sederhana hingga rumit yang menjebak sehingga Anda tertantang untuk menyelesaikannya meski harus bolak-balik mengulang. Dan yang lebih menarik lagi, jika Anda mengajak rekan Anda untuk memainkannya lalu melihat mereka kebingungan menjawab soal-soal tersebut!

4. Media Sosial
Saling terhubung satu sama lain, chatting di grup chat, hingga berkirim foto maupun video dan semuanya bisa dilakukan di aplikasi ChatOn. Ini dia aplikasi buatan Samsung Elektronik yang tentunya bisa didapatkan juga di Samsung Apps.

WhatsApp bro?! Mungkin inilah yang menjadi aplikasi andalan para pengguna Android untuk saling berkomunikasi satu sama lain dengan rekan-rekan maupun keluarga. Karena cukup dengan menambahkan nomor handphone teman Anda di kontak, maka Anda dan teman dapat langsung saling berinteraksi.

5. Fotografi
Merupakan salah satu aplikasi fotografi terlaris, Paper Camera, yang memberikan efek seperti gambar yang dilukis di atas kertas pada objek yang dibidik. Efek-efek yang tersedia adalah cartoon, sketch, comic book, half tone, noir, neon dan masih banyak lagi.

Jika biasanya Anda memasukan teks untuk melakukan pencarian di Google, maka dengan Google Goggles Anda bisa menggunakan gambar untuk melakukan pencarian. Cukup foto objeknya menggunakan kamera, Google Goggles akan mencari segala hal yang berkaitan dengan gambar tersebut.

Salah satu fitur keren dalam Google Goggles adalah kemampuan untuk mengambil gambar dari teks dalam bahasa asing, lalu aplikasi ini akan menerjemahkannya untuk Anda. Jika Anda berlibur ke luar negeri, aplikasi ini dapat membantu Anda membaca marka jalan dan tanda-tanda lainnya.

6. Musik
Aplikasi yang masuk kategori diinstall sebanyak 5-10 juta kali ini merupakan aplikasi pencari lagu yang memiliki fitur lengkap seperti lirik, info artis, menonton klip lagunya di YouTube dan riwayat pencarian. Bahkan SoundHound juga mampu mencari lagu dari nyanyian Anda langsung!

Itu artinya, Anda cukup berusaha bernyanyi sejelas dan semirip mungkin dengan aslinya, maka SoundHound akan mengidentifikasinya dengan segera menggunakan koneksi internet. Selain itu, opsi untuk melakukan pencarian via pengetikan kata kunci juga tersedia.

Jadi, jika Anda mendengar lagu yang enak namun tidak tahu siapa penyanyi dan judulnya, langsung saja aktifkan aplikasi ini!

7. Film
Anda memiliki file video HD dengan format mkv atau avi namun tidak dapat memainkannya di tablet Anda? MX Video Player adalah jawabannya. Aplikasi ini memiliki codec yang lengkap sehingga Anda bisa memainkan koleksi film Anda dengan optimal bahkan lengkap dengan teksnya jika Anda memiliki berkas srt film tersebut. Dengan memanfaatkan fungsi multitouch pada layar, Anda pun dapat melakukan zooming dengan mudah!

Tidak mau ketinggalan jadwal film atau tv series yang terbaru? Jangan lupa unduh IMDb. Sebuah aplikasi khusus pecinta film, tv series dan kabar selebriti hollywood. Dapatkan kabar terbarunya hanya ada di sini!

8. Buku
Layar lebar dan bobot ringan milik tablet Anda mungkin membuat Anda ketagihan membaca. Tak mudah lecek atau kotor dibandingkan jika membawa buku biasa. Nah, Aldiko Book Reader sangat cocok dan berguna untuk anak semakin mudah membaca dengan tablet kesayangan. Kemampuan mengakses lebih dari tiga juta ebook gratis dapat Anda nikmati.

9. Kesehatan
Dengan Google Body Anda bisa menavigasi dan mencari organ-organ dalam tubuh Anda lewat anatomi tubuh manusia berbentuk 3D. Mulai dari urat nadi hingga jantung, hati, anus, otak, pankreas, paru-paru, dsb. dapat dijelajahi dengan mudah.

Jangan khawatir bagi Anda kaum perempuan, karena Anda pun dapat mengunduh aplikasi olahraga yoga dan pilates untuk kesehatan Anda. Ada Yoga Workout Planner dan SHAPE Pilates, dijamin kebugaran Anda tetap terjaga karena berbagai macam panduan.

10. Produktivitas
Last but not least, aplikasi SwiftKey X Keyboard memang luar biasa memudahkan Anda para pengguna Android. Cara kerjanya yang menggantikan peran papan tombol tablet Anda ketika mengetik sesuatu, maka SwiftKey akan langsung mengetahui apa yang akan Anda ketik dan memberikan beberapa pilihan kata terdekat dengan yang Anda akan ketik.

Belum puas? Memang rasanya tidak akan puas jika 10 aplikasi ini digunakan di tablet yang kurang tepat. Layar yang kurang besar, kualitas layar yang kurang mumpuni dan desain tablet yang kurang bergengsi jika ditenteng kemana-mana.

Kepuasan itu semua akan terbayar dengan tablet yang luar biasa, lebih baik dalam segala hal, yaitu di dalam Samsung Galaxy Tab. Tablet dengan performa luar biasa dengan tampilan desain yang cantik menjadikan dirinya pilihan dari para gadget freak.

Hebatnya lagi, Samsung Galaxy Tab memiliki seri yang berbeda-beda dari ukuran layarnya, mulai dari yang terbesar seperti 10.1", 8.9, dan 7" Plus hingga yang teranyar akan keluar di Indonesia yaitu Samsung Galaxy Tab 7.7".


sumber : http://lipsus.kompas.com/samsung/read/2012/03/08/11080584


No comments:

Post a Comment

silahkan isi Comment Anda :