12 May 2009

Percaya....Berani

Seperti biasa pulang dari kantor naik busway di halte monas. Kembali lagi berhimpit ria dengan para penumpang yang terkadang muka2nya seperti tidak asing dilihat (mungkin karena sering ketemu di busway hehehehe...). Sesampai di terminal Blok M menuju ke terminal 6 untuk naik MetroMini 619 jurusan Blok M - Cinere (dimana metromini ini sangat jarang jadi sekali dapet kalo bisa diusahakan dapat tempat duduk mengingat perjalanan yang nun jauh-na). Kebetulan saya duduk di kursi dekat pintu keluar belakang. Dibelakang saya duduk hanya dua orang dari kemungkinan ditempati sekitar 5 penumpang lagi(waktu itu memang lagi kosong penumpang maklum lagi bulan puasa). Setelah bayar ongkos kepada kenek metromini, seperti biasa saya cari posisi wuueeenaaakkk supaya bisa tidur dengan nyaman.
Tetapi ternyata ada 2 orang pengamen (1 laki & 1 Perempuan) yang menaiki metromini. Dua orang tsb masih sangatlah muda apalagi yang wanita sekitar umur dibawah 20 tahun, sedangkan yang lelaki kira-kira baru genap 20 tahun (nebak2x doank). Mengambil posisi yang santai utk me-ngamen. Mulailah pemuda tsb menyanyi dengan judul 'Lord, I Give You My Heart'. Dlm hati saya berkata : "Wauw..baru kali ini ada pengamen yang menyanyi lagu gereja di metromini 619. Hmmmhm..skrg kamu baru berani menyebut Lord...kalo misalnya kamu berani menyebut nama Jesus..saya akan memberimu 5 kali lipat dari yang biasa kuberikan kpd pengamen yang lainnya". Selesai menyanyi lagu pertama ternyata dia melanjutkan dengan bernyanyi 'With All I Am' yang notabene di dalam lyrics-nya seperti berikut ini "Jesus, I Believe In You...Jesus, I Belong To You...You're The Reason That I Live...The Reason That I Sing...With All I Am" Sungguh Ruarrrr...biasa....Lalu dalam hati saya kembali berkata : "Kalo kamu duduk di sebelah saya, saya akan mengajak kamu sharing."

Selesai menyanyi dan menerima bayaran ikhlas dari masing2 penumpang, pemuda tsb berniat duduk dgn tmn wanita-nya tapi karena ada penumpang yang naik, langsung duduk di sebelah tmn wanita-nya maka dia pun mengurungkan niatnya tsb. Tidak lama berselang, penumpang tsb turun di tempat tujuannya. Pemuda tsb langsung duduk di sebelah temannya yang berarti duduk di sebelah saya juga. Maka terjadilah percakapan antara saya & pemuda tsb :

Michael : "Halo..mas.." (sambil menepuk pundak)
Pengamen : "Ya pak..ada apa pak..??"
Michael : "Saya salut sama keberanianmu. Dimana kamu berani untuk mengatakan Jesus ditengah mayoritas(muslim) yang ada di metromini ini."
Pengamen : "Oh..itu..yah..biasa aja pak.."
Michael : "Ehh..benarlah apa yang saya katakan ini. Karena baru kali ini saya temui selama saya naik metromini 619 ini ada pengamen yang berani beryanyi lagu gereja terutama menyebutkan nama Jesus. Biasanya mereka mengganti nama Jesus dengan lebih umum yaitu Tuhan"
Pengamen : "Iya sih pak...Bagi saya hidup itu SIMPLE...!!! Kalau saya mati disini...saya mati pak..!!! Tapi saya percaya dengan janjiNya...!!"
Michael : "Wah..benar saya nggak salah orang..percayalah keberanianmu akan mengubah hidupmu..Just Believe In HIM..!! Perlu kamu ketahui bahwa yang duduk di metromini ini termasuk saya mungkin tidak memiliki keberanian sepertimu. Kami mungkin secara materi lebih baik tp hidup tidak dilihat dr berapa banyak harta kita. Mungkin yang duduk disini ada juga yang lulusan S2 dari sebuah perguruan tinggi yang terkenal tapi toh kami ngga punya keberanian tersebut. Yang penting keberanianmu harus melebihi kemampuanmu. Percuma kamu punya kemampuan tapi kamu tidak memiliki keberanian. Milikilah keberanian dlm menghadapi hidup ini karena dengan begitu kamu dapat merubah hidupmu, mungkin menjadi seperti apa yang kamu mimpikan. Belief saya mengatakan bahwa kalo seseorang ingin berhasil maka dia harus berani gagal, berani bertindak, berani mengambil keputusan dan berani memiliki impian hidup yang besar. Jangan pernah malu, jangan pernah gengsi, buang status/jabatan/title kalau kamu mau berhasil. Saya pun tidak mau kerja sama orang melulu selama hidup saya karena saya ingin hidup ini punya makna, karena itu saya sekarang sedang mencoba, belajar, berusaha merintis suatu usaha dimana nantinya saya berharap bisa mewujudkan salah satu impian hidup saya (membuka lapangan kerja bagi sesama yang miskin di hadapan Allah). Tapi mungkin banyak orang yang bangga dengan jabatan & gajinya yang mereka terima sekarang & semoga saja saya bukan termasuk org tsb. Karena kalo hidup hanya berdasarkan jabatan & gaji..sudah terlalu baku..maka saya ingin berbeda dr org2 tersebut. Mungkin sulit tapi saya akan terus mencoba, belajar, berusaha, berjuang utk mewujudkannya tentunya asalkan Tuhan berkehendak."
Pengamen : "Wah..bapak sering baca buku ya pak..terutama buku-buku seperti Jhon Maxwell, Robert Kiyosaki.. karena saya pun suka baca buku-buku tersebut selain menambah semangat hidup juga meningkatkan kepribadian dan ilmu."
Michael : "Waouw...ternyata kamu juga suka baca toh..saya terkadang baca buku mereka tapi percayalah bahwa kita belajar itu bukan hanya di sekolah saja tapi setelah kita selesai sekolah kita pun masih terus belajar yaitu belajar tentang kehidupan yang telah diberikan kepada Allah. Saya berusaha untuk selalu membuka telinga & mata lebar-lebar, memutar otak & bertindak untuk mempelajari segala aspek kehidupan di dunia ini bukan utk menjadikan saya menjadi manusia yang sok tahu tetapi menjadi manusia yang mau tahu(belajar). Karena hidup adalah proses, belajar & perjuangan tanpa batas. Coba kamu perhatikan saja cara kerja kenek maka kamu akan mendapatkan sesuatu yang dapat kamu implementasikan dalam kehidupan sehari-hari""
Pengamen : "Iya pak...saya setuju & mengerti.."
Michael : "Cobalah sebelum kamu memulai sesuatu yang baru..pertama kan terlebih dahulu hatimu utk dekat kepada Allah karena hidup ini keras. 'Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.' - Matius 6:33. Dengan berpegang pada ayat tersebut prioritaskan : 1. Allah 2. Keluarga 3. Bisnis/Pekerjaan. Tapi memang pada kenyataannya di lapangan selalu berbeda. Setidaknya kita mencoba dan berusaha selalu berpegang pada prioritas tsb."
Pengamen : "Bener tuh pak..Oh iya pak..saya mw kenalkan ini istri saya...hehehe...masih muda ya pak..maklum masih 16 tahun..hehehehe..."
Michael : "Walah ini istri kamu..tadinya saya pikir adik atau teman kamu. Kalian masih muda banget tapi sudah berani menikah. Salut saya sama kalian.."
Pengamen : "Maaf pak..sebentar lagi saya mau turun..sebelumnya terimakasih banyak ya pak atas waktu dan kemauan bapak berkenan utk sharing pengalaman hidup dgn saya dimana dpt membantu & memotivasi dlm menghadapi kehidupan ini...Tuhan memberkati.."
Michael : "Sama-sama..justru harusnya sayalah yang berterimakasih kpd kamu..karena saya mendapatkan banyak hal dr kamu....Tuhan memberkati.."
Pengamen : "Ok pak..saya duluan ya pak..kapan2 kalo Tuhan berkehendak..semoga kita bisa bertemu kembali ya pak.."
Michael : "Ya...saya dengan senang hati kalo suatu saat bisa bertemu dengan kamu..Ingat saya tidak pernah bilang saya lebih baik dari kamu ya."
Sambil berjalan ke pintu keluar bersama dengan istrinya yang masih muda. Saya menyempatkan diri utk menepuk pundaknya sambil berkata : "INGAT..JUST BELIEVE IN HIM...!!!"

Akhirnya pertemuan yang penuh dengan inspirasi tersebut telah berlalu..dalam hati saya berbicara kepada Tuhan Yesus "Tuhan Yesus Kristus..Terimakasih & puji syukur kepadaMu karena Engkau mau memberikan saya kerendahan & Ketulusan hati utk mau sharing pengalaman hidup dengan pemuda tsb. Jika Engkau berkehendak..saya bisa bertemu mereka lagi..ya mungkin saya bisa menjadi perpanjangan tanganMu utk bisa mengubah hidupnya ke arah yang lebih baik lagi. Juga berilah saya kemauan untuk terus mau mencoba, belajar, berusaha, berjuang dari siapapun..kapanpun..dimanapun..agar aku bisa sampai pada tujuan hidupku tetapi bukan kehendakku melainkan kehendakMu yang terjadi. Sebab aku hanyalah hambaMu yang paling hina, kecil, tak berguna & berdosa. Doa ini aku serahkan seluruhnya kepadaMu, karena Engkaulah Tuhan, Pengantara & Juruselamat kami yang hidup sampai sepanjang segala masa. Amin."

Miliki kerendahan & ketulusan hati utk mau belajar dari pengalaman sesama, karena kamu tidak dapat hidup cukup lama untuk bisa mendapatkan semua itu dari pengalaman dirimu sendiri. Seseorang yang kehilangan uang akan kehilangan banyak, Seseorang yang kehilangan teman/sahabat akan kehilangan lebih banyak tapi seseorang yang kehilangan keyakinan akan kehilangan semuanya...!!! Tuhan selalu memberikan kita pengharapan tapi apakah kita mau (percaya, berani, bertindak & berkorban) untuk menggapai harapan tersebut.

Question Of The Day : Kalo pemuda tersebut saja bisa memiliki keberanian yang luar biasa kenapa kita mesti ragu untuk memiliki keberanian tsb. Coba tanyakan ada pada diri kita masing-masing.....??

Lalu Ia berkata kepada orang itu: "Berdirilah dan pergilah, imanmu telah menyelamatkan engkau." - Lukas 17:19

Saya ingat akan salah satu lagu yang mengingat saya akan kekuatan 'Believe' :

When You Believe - Mariah Carey & Whitney Houston
Reff :
There can be miracles, when you believe...
Though hope is frail, it's hard to kill...
Who knows what miracles you can achieve...
When you believe, somehow you will...
You will when you believe...

In HIS Love,

No comments:

Post a Comment

silahkan isi Comment Anda :